Monday, May 11, 2015



Bika Ambon

Bika ambon, kue berwarna kuning dan berbentuk pipih, dari namanya pasti terpikir bahwa ini adalah makanan yang berasal dari Ambon. Sebenarnya makanan ini bukanlah berasal dari Ambon. akan tetapi Bika ambon ini adalah nama makanan yang berasal dari Medan, Sumatera Utara.
Ada beberapa cerita mengenai bagaimana kue ini bisa dinamakan kue bika ambon. salah satu ceritanya adalah karena kue ini dijual di jalan ambon, Medan. Dari situ lah masyarakat menyebutnya sebagai kue bika ambon.
Sekarang bika ambon merupakan oleh oleh yang sangat digemari oleh masyarakat ataupun wisatawan yang berkunjung ke Medan ataupun di Sumatera. Bika ambon ini sangat lezat jika langsung dikonsumsi tidak lebih dari 4 hari, karena jika dikonsumsi sekitar lebih dari 4 hari bika ambon akan sedikit mengeras dan hal tersebut akan mengurangi kelezatan dan cita rasa dari bika ambon itu sendiri, bahkan bika ambon yang dimasak tanpa menggunakan pengawet akan basi dalam waktu kurang lebih 4 hari.
Membuat Bika Ambon sebenarnya cukup mudah, namun memerlukan kesabaran karena lamanya proses pembuatan. Jika berminat untuk menjadi pengusaha bika ambon, usaha ini sangat cocok dan menjanjikan. karena rasa yang lezat dan jarang ditemui di semua tempat.
Bahan Membuat Bika Ambon
  1. Bahan Utama yang harus disiapkan adalah 300 gram Tepung Sagu dan 100 gram tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat roti, yaitu yang memiliki kadar protein sedang. Untuk merek nya, tergantung selera.
  2. 200 mililiter air kelapa yang di ambil dari kelapa segar.
  3. 11 gram ragi instant untuk pengembang.
  4. 600 ml Santan. Lebih baik digunakan santan asli yang diambil dari buah kelapa yang tua. Gunakan yang santan kentalnya saja agar hasilnya lebih legit.
  5. 15 butir besar sampai 18 butir kecil telur ayam. Pisahkan putih telurnya dan ambil kuning telurnya saja.
  6. 1 sendok kecil atau 1 sendok teh vanili.
  7. 1 sendok kecil atau 1 sendok teh garam dapur.
  8. 450 gram gula pasir putih. Jangan menggunakan gula pasir kuning yang berwarna agak gelap, karena hasilnya nanti akan tercium aroma tebu.
Cara Pembuatan Bika Ambon
  1. Ambil satu wadah yang ukurannya sedang. Campurkan 100 gram tepung terigu dan ragi instan. Aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur dengan sempurna.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit 200 ml air kelapa segar ke dalam adonan yang pertama, sambil tetap di aduk pelan pelan. Pastikan ketiga bahan tersebut tercampur dan tidak ada gumpalan tepung. Diamkan sebentar atau sekitar 14-16 menit sambil mempersiapkan bahan yang lain.
  3. Ambil wadah lagi yang ukurannya lebih besar. Masukkan 400 gram gula pasir, 1 sendok garam dan vanili. Campur rata semua bahan tersebut menggunakan spatula. Keempat, masukkan satu persatu sambil di aduk 15 butir telur ayam ke dalam wadah ke dua. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  4. Kemudian ambil adonan bahan di wadah pertama yang sudah didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Campurkan ke adonan di wadah kedua. Aduk sampai rata dan tambahkan 300 gram tepung sagu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk.
  5. Ambil 600 ml santan kental nya, masukkan sedikit demi sedkit de dalam adonan sambil tetap di aduk. Harap diperhatikan proses pengadukan dan pencampurannya supaya semua bahan bahan di atas bisa menyatu dengan sempurna.
  6. Untuk memastikan semua bahan tercmapur, saring adonan tadi menggunakan saringan dapur.
  7. Diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya hasil jadi Kue Bika Ambonnya nanti mengembang dan keluar bentuk sarang tawonnya.
  8. Panaskan oven terlebih dahulu.
  9. Ambil loyang atau cetakan yang lain dan olesi minyak sedikit untuk menghindari kuenya lengket ke loyangnya.
  10. Masukkan semua adonan terakhir yang sudah di saring diatas ke dalam cetakannya. Untuk hasil sempurna, yang harus diperhatikan adalah adonan tadi tidak perlu diaduk kembali. Cukup tuangkan ke dalam loyang.
  11. Setelah dirasa oven sudah cukup panas, masukkan loyang ke dalamnya. Gunakan api sedang dan pintu oven biarkan terbuka sedikit. Hanya untuk menyalurkan hawa panas yang ada di dalamnya. Kalau pintu terlalu terbuka lebar, dikhawatirkan proses pemasakan Bika Ambon Medan lebih lama dan hasilnya tidak sempurna.
  12. Panggang Bika Ambon tersebut dengan api sedang sekitar 7-13 menit sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dan biarkan sebentar hingga dingin.
  13. Keluarkan dari cetakan, hidangkan. Bika Ambon pun siap untuk dinikmati.

Tagged:

0 comments:

Post a Comment